Responsive Banner design
Home » » Reformasi Kesehatan Alkitabiah

Reformasi Kesehatan Alkitabiah




Selah satu pokok pembicaraan yang cukup hangat dan serius diperbincangkan di kalangan umat Raja Sorga di zaman mutakhir ini adalah masalah REFORMASI KESEHATAN.   Berdampingan dengan istilah tersebut ada hal lain yang juga sering dipertentangkan yaitu VEGETARISME.  Pertanyaan yang muncul dari dua
sebutan itu adalah “Apakah vegetarisme sama dengan reformasi kesehatan?”  Pertanyaan lain dapat dilanjutkan, yaitu “Apakah pertarakan dikhususkan pada vegetarisme saja?”  Kemudian, bilamana konsep halal dan haram Berdasarkan Imamat 11 disimak secara seksama dan tuntas Berdasarkan Alkitab, “Apakah hal itu dinyatakan kepada umat Raja Sorga berdasarkan ilmu kesehatan ataukah ilmu keselamatan?”   Semua pertanyaan ini patut menjadi perhatian umat Raja Sorga di zaman mutakhir ini, karena ciri utama umat-Nya yang sisa yaitu yang setia adalah “orang-orang istimewa yang tekun dalam menghadapi tantangan  hidup ini, yaitu yang  menuruti segala  perintah Raja Sorga berdasarkan imannya  kepada Raja Sorga yang menjadi Pencipta dan Juruselamat manusia” (Wahyu 14:12).  BACA ARTIKEL DI MINISTRY SEPTEMBER 2000 TENTANG “IF I WERE THE DEVIL.”
Berbicara tentang REFORMASI KESEHATAN ALKITABIAH, ada beberapa hal yang berhubungan erat dengan Konsep ini.   Prinsip Reformasi Kesehatan Alkitabiah dapat diuraikan dalam lima pemahaman, yaitu  5PT sebagai berikut:

A.  Peribadatan Total ------------------à   Roma 12:1-2
B.   Pemulihan Total  -------------------à   3 Yohanes 2
C.  Pertarakan Total  -------------------à  1 Korintus 9:25
D.  Penatalayanan Total  ---------------à Kejadian 2:15-17
E.   Pembaharuan Total  ----------------à  Keluaran 15:25
                                                        Keluaran 23:25
F.  Sebuah contoh nyata di Alkitab yaitu Daniel dan     kawan-kawannya di Daniel 1.
G.  Rangkuman dan Kesimpulan



Bilamana 5P-Total yaitu Peribadatan, Pemulihan, Pertarakan, Penatalayanan dan Pembaharuan  Total sudah dipahami dan didalami berkat tuntunan Raja Sorga, barulah Konsep REFORMASI KESEHATAN ALKITABIAH benar-benar asli dan tulen serta dapat dipertanggungjawabkan dengan konsekwen.  Singkatnya, konsep ini berhubungan erat dengan PRINSIP POHON KEHIDUPAN MASA KINI.
Alkitab Elektronik - Alkitab Terjemahan Baru © 1974 Lembaga Alkitab Indonesia mencatat 11 ayat sebagai berikut:

1.   Kejadian  2:9
Lalu YHWH Sang Pencipta menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.  [Pohon kehidupan adalah realita di Taman Eden yang Yang YHWH gunakan sebagai ilustrasi Prinsip Reformasi Kesehatan].
2.   Kejadian  3:22
Berfirmanlah YHWH Sang Pencipta: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."  [Pohon Kehidupan berhubungan erat dengan konsep Bait Khusus yang merupakan bagian dari ilmu keselamatan].
 3.  Kejadian  3:24
Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.  [Pohon Kehidupan berhubungan erat dengan konsep Bait Khusus yang merupakan bagian dari ilmu keselamatan].
4.   Amsal  3:18
Ia menjadi pohon kehidupan bagi orang yang memegangnya, siapa yang berpegang padanya akan disebut berbahagia.  [Pohon Kehidupan adalah Hikmat YHWH yang sama dengan Yesus Kristus sebagai Jalan Keselamatan—1 Kor 1:24; 2:7-9].


5.   Amsal  11:30
Hasil orang benar adalah pohon kehidupan, dan siapa bijak, mengambil hati orang.  [Pohon kehidupan disamakan dengan ilmu keselamatan].
6.   Amsal  13:12
Harapan yang tertunda menyedihkan hati, tetapi keinginan yang terpenuhi adalah pohon kehidupan.  [Pohon kehidupan disamakan dengan ilmu keselamatan].
7.   Amsal  15:4
Lidah lembut adalah pohon kehidupan, tetapi lidah curang melukai hati.  [Pohon kehidupan disamakan dengan ilmu keselamatan].
8.   Wahyu  2:7
Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus YHWH Sang Pencipta."   [Pohon kehidupan disamakan dengan ilmu keselamatan].
9.   Wahyu  22:2
Di tengah-tengah jalan kota itu, yaitu di seberang-menyeberang sungai itu, ada pohon-pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali, tiap-tiap bulan sekali; dan daun pohon-pohon itu dipakai untuk menyembuhkan bangsa-bangsa.  [Pohon kehidupan disamakan dengan ilmu keselamatan].
10. Wahyu  22:14
Berbahagialah mereka yang membasuh jubahnya yaitu mereka yang menuruti Hukum Raja Sorga berdasarkan IMANnya kepada YHWH. Mereka akan memperoleh hak atas pohon-pohon kehidupan dan masuk melalui pintu-pintu gerbang ke dalam kota itu.  [Pohon kehidupan disamakan dengan ilmu keselamatan].
11. Wahyu  22:19
Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka YHWH Sang Pencipta akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini."  [Pohon kehidupan disamakan dengan ilmu keselamatan].


Pembahasan Khusus




A. Peribadatan Total (Roma 12:1-2)

prinsip Reformasi Kesehatan Alkitabiah didasarkan atas Firman YHWH di Roma 12:1-2.  Ada beberapa hal yang dapat disimak dari ayat ini,  Rasul Paulus menulis:

Perpaduan Terjemahan Baru dan Lama adalah, Karena itu, Saudara-saudara, oleh kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya (1)  kamu mempersembahkan tubuhmu [maksudnya seluruh hidup—jiwa dan raga atau  lahir—batin] sebagai persembahan  [korban bakaran]  yang hidup [dalam arti aktif], yang kudus [dalam arti istimewa]  sehingga pasti akan berkenan kepada Raja Sorga: Itulah Peribadatan Total yang sejati.  12:2 [Bagaimana caranya?]   (2) Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi  (3) berubahlah oleh pembaruan budimu [hal ini mirip   dengan  metamorfosis dari ulat menjadi  kupu-kupu alias PERUBAHAN TOTAL], sehingga kamu dapat membedakan mana kehendak Raja Sorga: Apa yang baik, yang berkenan kepada-Nya dan sempurna.

Sang Pencipta menyatakan dengan jelas dan tegas melalui hamba-Nya bahwa “Di dalam kawasan Kerajaan Sorga, baik di  alam semesta maupun di suasana Sorgawi, peraturan keseragaman dari segi rupa atau lahir TIDAK BERLAKU.  YANG BERLAKU SECARA NYATA ADALAH BHINEKA TUNGGAL IKA yaitu KESATUAN DALAM BERBAGAI KERAGAMAN”  (Ellen G. White, This Day With God, 67; 6 MR No. 347, 30).
Yesus Kristus menegaskan di Yohanes 4:19-24 dalam Firman Allah Yang Hidup dalam bahasa Indonesia sehari-hari, bahwa “Yang Terpenting dalam Peribadatan Total bukanlah tempat istimewa yang sudah ditahbiskan manusia MELAINKAN CARA PERIBADATAN TOTAL YAITU DITUNTUN OLEH ROH KUDUS BERDASARKAN KEBENARAN FIRMAN RAJA SORGA.”

B.    Pemulihan Total (3 Yohanes 2)

Prinsip Reformasi Kesehatan Alkitab kedua diangkat dari 3   Yohanes 2 yang  secara tersurat  menyebutkan “sehat  walafiat .”  Prinsip  ini disebut PEMULIHAN  TUBUH SECARA TOTAL.   Alkitab berkata: Perpaduan Terjemahan Lama, Baru dan Kabar Baik menyatakan, Saudaraku yang terkasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dalam arti sehat-sehat saja yaitu selamat dan afiat dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja yaitu selamat [Hal ini  menyangkut  jiwa—raga ataupun   lahir—batin].

C.   Pertarakan Total (1 Korintus 9:25)

Konsep pertarakan total diungkapkan sebagai berikut:
1 Korintus  9:25, Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal yang artinya BERTARAK SECARA TOTAL DALAM SEGALA PERKARA. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh mahkota yang abadi yaitu keselamatan melalui anugerah Raja Sorga.

Prinsip pertarakan sejati didasarkan atas Firman YHWH:
1 Korintus 10:31, Karena itu, baik kamu makan atau minum, ataupun melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Raja Sorga.

Hamba YHWH untuk zaman akhir dalam buku Pertarakanmendefinisikan  pertarakan sejati sebagai berikut:
1.     Menggunakan dengan bijaksana APA YANG    MENYEHATKAN
2.     Menjauhkan sama sekali APA YANG BERBAHAYA
3.     Pertarakan yang luas berlaku untuk segala perkara:
a.     Soal makanan dan minuman
b.    Soal istirahat, misalnya tidur
c.     Soal penampilan diri, misalnya pakaian dan perhiasan
d.    Soal aktivitas sehari-hari, misalnya pekerjaan
e.     Soal usaha bisnis, misalnya uang ataupun harta
f.      Soal pikiran, misalnya dalam hal berlajar atau ilmu
g.     Soal mencari nafkah hidup sehari-hari
h.    Soal olah raga ataupun gerak badan
i.      Dan lain sebagainya,
INGAT RUMUS                         NEWSTART:
     
N-utrition (Makanan Sehat)
      E-xercise (Olah Raga seperlunya)
W-ater (Air Jernih secukupnya)
S-unshine (Sinar Matahari secukupnya)
T-emperance (Penggunaan yang seperlunya)
A-ir (Udara sehat sebaik-baiknya)
R-est (Istirahat yang cukup)
T-rust in YHWH (Beriman pada YHWH)

D.  Penatalayanan Total (Kejadian 2:15-17)

1.       Kejadian 2:15, YHWH Raja Sorga mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden [sebuah suasana yang menyenangkan alias Sorgawi] untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.  (Konsep memelihara dan mengusahakan inilah yang disebut Penatalayanan Total).  2:16 Lalu YHWH Raja Sorga memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, [inilah kuasa memilih yang perlu diperkembang]  2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."   (Inilah prinsip reformasi kesehatan Alkitabiah yang YHWH berikan di suasana Sorgawi kepada manusia.  Apa yang berlangsung dalam prinsip reformasi kesehatan ini tidak ada hubungannya dengan kesehatan tubuh, karena mereka pasti sehat.  Yang YHWH tekankan dalam prinsip ini adalah kesetiaan dan kepatuhan kepada YHWH sebagai Pemilik.  Dengan demikian, reformasi kesehatan Alkitabiah bertitik-pusat pada moral atau tabiat Sorgawi dan bukan sekedar kesehatan tubuh).  SINGKATNYA, REFORMASI KESEHATAN ALKITABIAH TERMASUK SOAL HALAL DAN HARAM DI ALKITAB bukanlah didasarkan atas sekedar ilmu kesehatan tubuh MELAINKAN BERDASARKAN ILMU KESELAMATAN.

2.       Penatalayanan Kristiani ini terdiri atas empat aspek dan titik pusatnya adalah Salib Kristus sebagai penerapan penatalayanan dalam pelayanan Yesus di dalam operasional ilmu keselamatan.


KESEHATAN ANDA                     KESANGGUPAN ANDA
     (Tubuh)                                         (Talenta)











KESEMPATAN ANDA                   KEKAYAAN ANDA
       (Waktu)                                    (Harta)




E.  Pembaharuan Total (Keluaran 15:26; 23:25)

Prinsip reformasi kesehatan yang berikut berhubungan erat dengan Pembaharuan Hidup Total.  Ada empat aspek yang dinyatakan berdasarkan Firman YHWH, yaitu:




Keluaran 15:26,YHWH berfirman:

(1)           Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara YHWH, Raja Sorgawimu [Penurut Raja Sorga], dengan cara
(2)            Melakukan apa yang benar di mata-Nya, karena selalu memasang telingamu kepada perintah-perintah-Nya [Pelaku Kebenaran Kristiani]

(3)           Sehingga pasti tetap mengikuti segala ketetapan-Nya (Pengikut Kristus berdasarkan Standard Sorgawi), maka

(4)           Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit mana pun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Aku YHWH-lah yang menyembuhkan engkau" (Suasana Hidup BaruTotal—Pembaharuan Total)

Keluaran 23:25 melanjutkan, Itulah sebabnya kamu harus beribadah kepada YHWH, Raja Sorgawimu; (Peribadatan Total yang sama dengan Penatalayanan Total) maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu (Pemulihan Total dengan budaya Pertarakan Total).

F. Contoh Nyata: Daniel dan Kawan-kawannya (Daniel 1)

Contoh nyata di Alkitab tentang Reformasi Kesehatan Alkitabiah adalah Daniel dan kawan-kawannya di Daniel 1.  Apa yang mereka tekadkan berdasarkan Daniel 1:8 adalah MENGHIDUPKAN REFORMASI KESEHATAN ALKITABIAH MELALUI SUATU BUDAYA HIDUP KRISTIANI baik di bidang jasmani, pikiran, rohani dan sosial.  Fokus pemikiran Daniel 1 bukanlah sekedar “Hidup Vegetaris” karena Daniel dan kawan-kawannya tidaklah vegetaris seumur hidupnya (Lihat Daniel 10).  Mereka mengamalkan prinsip peribadatan sejati sebagaimana yang dinyatakan di Roma 12:1-2.
           
Ayat inti untuk Daniel 1 adalah Dan 1:8 yang bunyinya, “Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja; dimintanyalah kepada pemimpin pegawai istana itu, supaya ia tak usah menajiskan dirinya.”  Pokok pemikiran yang diperbincangkan adalah BUDAYA HIDUP KRISTIANI yang menyangkut segala aspek kehidupan, yaitu jasmani, pikiran, sosial dan rohani.

Daniel dan kawan-kawannya adalah orang Ibrani di zaman Perjanjian Lama yang hanya vegetaris di Universitas Babilon sementara kuliah (Lihat Daniel 10).  Konsep menukar nama dari Daniel, Hananya, Misael dan Azarya menjadi Beltsazar, Sadrakh, Mesakh dan Abednego, sangat erat hubungannya dengan budaya hidup.

Bilamana kita membaca tulisan hamba Allah untuk zaman akhir, Ellen G. White,  tentang Daniel dan kawan-kawannya, pokok pembicaraan yang terutama diarahkan bukanlah soal kesehatan tubuh tapi soal pertumbuhan iman, yaitu SANCTIFIED LIFE.  Singkatnya bukan ilmu kesehatan tubuh MELAINKAN ILMU KESELAMATAN.

Rangkuman dan Kesimpulan


Seluruh kitab Daniel adalah sebuah khotbah Alkitabiah yang bertitikpusat pada ilmu keselamatan.  Daniel dan kawan-kawannya adalah perwakilan umat Allah yang hidup di suasana Babilon Rohani dan sedang memberitakan Injil Kerajaan Sorga Yang Kekal ke seluruh dunia.  Itu adalah Pekabaran Tiga Malaikat Benar di zaman Perjanjian Lama.  Daniel 3, 6, 10-12 adalah contoh Alkitabiah tentang adanya suatu peraturan ketidakbebasan dari pihak kerajaan dunia yang berakibat fatal yaitu Perintah Kematian atau Death Decree.

Pertentangan Semesta yang besar yang sedang berlangsung adalah antara Kristus dan Antikristus, Yerusalem kontra Babilon, Tandatangan Sang Pencipta kontra tandatangan Ciptaan, Tabiat Allah Yang Penuh Kasih Sayang kontra tabiat Setan yang penuh kekejaman, Memiliki Budaya Hidup Sorgawi atau hidup neraka, Memilih Pohon Kehidupan atau Pohon Pengetahuan baik dan Jahat, Memiliki Budaya Reformasi Alkitabiah Total atau Budaya Formalitas secara lahir.

Apakah yang menjadi CITA-CITA ALLAH BAGI UMAT-NYA?  Hamba Raja Sorga untuk zaman akhir menegaskan, HIGHER THAN THE HIGHEST HUMAN THOUGHT CAN REACH!  Yaitu Bahasa Sorga atau tabiat Allah Yang Berbelas Kasihan.  Yang bisa disebut dengan S-4 yaitu (1) Saya memiliki Peribadatan Total, (2) Sempurna dalam Berbelas Kasihan, (3) Sehat Walafiat seutuhnya lahir-batin, dan (4) Saleh seperti Yesus Kristus adalah Saleh.


HIMBAUAN:  NIKMATILAH POHON KEHIDUPAN MASA KINI MELALUI PRINSIP REFORMASI KESEHATAN ALKITABIAH, YAITU 5P-TOTAL: MILIKILAH PERIBADATAN TOTAL BERDASARKAN ROMA 12:1-2, MILIKILAH PEMULIHAN TOTAL BERDASARKAN 3 YOHANES 2, MILIKILAH PERTARAKAN TOTAL BERDASARKAN 1 KORINTUS 9:25, MILIKILAH PENATALAYANAN TOTAL BERDASARKAN KEJADIAN 2:15-16 DAN MILIKILAH PEMBAHARUAN TOTAL BERDASARKAN KELUARAN 15:26; 23:25.  BERANILAH SEPERTI DANIEL DAN KAWAN-KAWANNYA SEBAGAIMANA YANG DINYATAKAN DI KITAB DANIEL.

Penulis: Pdt. HSP Silitonga, M.A., M.Th., Ph.D
Fro

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog