Responsive Banner design
Home » , , , » Kucing Putih Juga Punya Mitos

Kucing Putih Juga Punya Mitos

Kucing putih tuli, mata biru, odd eyeKucing Putih juga memiliki mitos layaknya mitos kucing hitam. Mungkin dari segi warna, "putih" memang sangat bertolak belakang dengan "hitam". Namun, dalam mitos kucing putih, tidaklah demikian. Baik kucing putih ataupun kucing hitam, keduanya memiliki mitos yang baik dan juga mitos yang buruk. Tergantung kucing tersebut berada di negara mana, karena tiap negara memiliki mitosnya masing-masing.
Dan berikut ini adalah mitos tentang kucing putih dari berbagai negara :

  • Kucing putih sering dianggap sebagai simbol cahaya dan kebaikan.
  • Di Inggris, orang-orang percaya kalau melihat kucing putih yang melintas di jalan, maka orang yang melihatnya akan ditimpa sial. Sedangkan di Amerika Serikat, justru sebaliknya. Orang yang melihat kucing putih melintas di jalan justru dianggap akan beruntung.
  • Namun, orang Amerika juga percaya kalau melihat kucing putih di malam hari, mereka akan sial. Kasihan sekali bukan yang pelihara kucing Anggora putih?
  • Ada juga kepercayaan jika mimpi melihat kucing putih adalah pertanda kabar gembira, dan kehidupan spiritual yang baik.
  • Membunuh kucing putih dianggap akan menyerahkan jiwa kita kepada iblis.
  • Ada juga yang percaya kalau kucing putih adalah penjelmaan malaikat. So, jika anda ucapkan "Hello" maka dia akan terus mengawasimu.
Namun ada juga mitos kucing putih yang sudah dijelaskan oleh penelitian ilmiah. Yaitu mengenai mitos yang menyebutkan kalau setiap kucing putih pasti tuli. Lalu apakah benar setiap kucing putih pasti tuli?

Sebenarnya hal ini merupakan mitos pada kucing putih dan faktanya memang terdapat beberapa kucing putih mempunyai cacat genetik pada telinga yaitu tuli namun tidak semua kucing putih dan hanya sebagian kecil saja yang tuli karena hanya 10% populasi kucing yang benar-benar mempunyai warna putih total.
Untuk kucing putih dengan mata sebelah kuning dan sebelah biru(odd-eye) biasanya salah satu kuping nya tuli mengikuti warna biru dalam artian jika mata yang berwarna biru itu kanan, maka yang tuli itu kuping bagian kanan dan yang kiri sudah pasti normal. Hal seperti ini juga sebagian kecil atau jarang terjadi. terlebih apabila kucing yang mempunyai bulu tidak putih murni namun warna mata odd-eye. kemungkinan kucing tersebut tidak tuli.

mitos-kucing-putihTapetum Lucidum adalah lapisan sel pada bola mata, Sel pigmen dan tapetum adalah sel pada warna bulu yang biasa disebut melanosit, serta sel pada selaput pendengaran telinga. ketiga sel mata, bulu dan telinga itu saling berhubungan. apabila kucing putih mempunyai mata biru berarti kucing tersebut memiliki tapetum yang tidak sempurna atau tidak berkembang dengan baik. maka kucing ini kemungkinan mempunyai cacat pendengaran atau tuli. karena lantaran sel pada mata biru saling berhubungan dengan sel pendengaran.

  • 60-80% TULI (kucing putih, dengan dua mata warna biru semua)
  • 30-40% TULI sebelah (Kucing putih odd-eye, satu matanya biru)
Sebelum anda membeli/mengadopsi kucing warna putih atau ada yang mempunyai kucing putih tipsnya sangat mudah. Cara tes kucing tuli cukup dengan suara, boleh nama panggilan atau tepuk tangan atau suara apapun, dengan jarak yang agak berjauhan. Jika kucing itu langsung menengok atau merespon suara maka selamattt, kucing anda tidak tuli hehe..

Kesimpulan :

  • Hanya 10% dari populasi atau sangat sedikit kucing yang mempunyai warna bulu putih murni(homozygot)
  • Yang paling rentan tuli ialah jika kucing warna putih bermata biru semua
  • Tidak semua kucing putih TULI.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog