Responsive Banner design
Home » » Formula 1

Formula 1


Seperti apa race formula satu tahun 2009. Apakah masih tetap menarik/membosankan seperti tahun sebelumnya. Bagaimana peta pertarungan antar pembalap dan antar tim/pabrikan/grup. Pabrikan mana yang diunggulkan dan mana papan tengah serta bawah. Bagaimana gaungnya dengan semakin mantapnya pesaing F-1 membuat gelaran semacam balap A-1, Supercar, NASCAR, DTM atau bahkan Rally WRC.

Formula satu digugat. Siapa yang kira-kira menggugat. Ada apa dengan rumor tim Honda yang berniat hengkang dari gelaran olahraga termahal sejagat itu. Sudahkah Honda memikirkan dampaknya dengan keluar dari race saat prestasinya terpuruk. Ataukah prestasinya yang terpuruk memang menjadi alas an utama selain mahalnya biaya kepesertaannya.

Melihat dari prestasi sebelumnya secara umum papan atas F-1 dihuni oleh tim McLaren, Ferari dan BMW. Sementara papan tengahnya diwaikili tim Renault, Toyota dan Red Bull. Sisanya yakni Honda, Toro Roso, William dan Force India adalah papan bawah.

Bukan rahasia lagi untuk bisa ikut serta dalam gelaran F-1 sebuah tim harus menyiapkan dana yang luar biasa besarnya, sumber daya manusia, prasarana, riset dan pengembangan serta berbagai pendukung lainnya. Konon besarnya biaya keikutsertaan adalah 3 triliun lebih dan ini diluar gaji driver yang berkisar antara 90 sampai 500 milyar per tahun. Driver termahal adalah Kimi Raikanon dari Finlandia, diikuti oleh Lewis dan Alonso.

Pengunduran diri dari tim besar Honda cukup menghentakan dunia balap single seater tersebut. Honda sudah memiliki nama besar di race F-1 tersebut selama bertahun-tahun. Honda juga bukan pabrikan kemarin sore. Pastilah ada sesuatu yang mendasar dan serius dengan pengunduran tim Jepang ini. Yang jelas bukan semata ketersediaan dana. Apalah artinya dana beberapa triliun bagi pabrikan berlogo H dengan pendapatan ratusan triliun dari penjualan prduknya di seluruh dunia. Apalagi beban biaya bisa diperingan oleh sponsor lainnya. Honda barangkali menggugat, bahwa biaya kepesertaan F-1 masih bisa dipangkas lagi. Sebuah mesin dan mobil F-1 bisa menghabiskan biaya puluhan sampai ratusan milyar per tahunnya.

Pengelola F-1, FIA, Federation Internationale del’Automobile pun rupanya menanggapi serius mundurnya Honda. Kabarnya biaya akan dipangkas sampai dengan hanya 30% saja dari jumlah sebelumnya. Tim Honda-pun juga belum dicoret dari daftar peserta F-1. FIA masih mengharapkan tim Jepang ini ikut dan meramaikan race. Manakala Honda benar-benar keluar maka hanya tinggal 9 tim yang ikut dan ini jelas mengurangi daya tarik gelaran racing yang dimiliki oleh sang miliuner Max Mosley.

Harus diakui bahwa menjadi peserta F-1 memang tidak semata membelanjakan sejumlah anggaran. Image, Prestige, Brand dan Promosi sangat terkait erat dengannya. Apalagi hampir semua peserta adalah industri otomotif yang berkepentingan dengan perlunya peningkatan brand awareness. Hampir tidak ada brand kacangan di F-1. Semua tim besar dunia terlibat di dalamnya. Bilapun saat ini tidak ikut, setidaknya pernah ikut race di tahun sebelumnya seperti Jaguar dan Ford.

Bagaimana dengan race 2009. Semua tim sudah menyiapkan mobil dan desain teranyar-nya. Konon desain ini memungkinkan pembalap lebih mudah overtaking. Desain mobil juga mempermudah pembalap bisa lebih dekat bermanuver tanpa takut terganggu turbulensinya. Terlepas dari berbagai factor minus namun gelaran ini tetap dibutuhkan dan akan tetap menarik. Bagaimana jadinya bila tidak ada lagi race F-1 di muka bumi, bisa jadi bagi penggemarnya akan kehilangan setara dengan bila tidak ada lagi piala dunia sepakbola atau tennis. Dalamn hitungan satu dua bulan ini segera akan dibuktikan siapa yang lebih perkasa diantara Lewis, Kimi, Massa atau Alonso. Be there and no not miss it.

Jadwal Balap Formula 1 Tahun 2009
No Tanggal GP Sirkuit
1. 27 - 29 Maret GP Australia Melbourne
2. 03 - 05 April GP Malaysia Kuala Lumpur
3. 17 - 19 April GP China Shanghai
4. 24 - 26 Apri GP Bahrain Sakhir
5. 08 - 10 Mei GP Spanyol Catalunya
6. 21 - 24 Mei GP Monaco Monte Carlo
7. 05 - 07 Juni GP Turki Istanbul
8. 19 - 21 Juni GP Inggris Silverstone
9. 10 - 12 Juli GP Jerman Nürburgring
10. 24 - 26 Juli GP Hungaria Budapest
11. 21 - 23 Agustus GP Eropa Valencia
12. .28 - 30 Agustus GP Belgia Spa-Francorchamps
13. 11 - 13 September GP Italia Monza
14. 25 - 27 September GP Singapura Singapura
15. 02 - 24 Oktober GP Jepang Suzuka
16. 16 - 18 Oktober GP Brazil Sao Paulo
17. 30 Oktober - 01 Nopember GP Abu Dhabi Abu Dhabi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog