Responsive Banner design
Home » , » TIPS : Ciri-Ciri Kucing Sehat

TIPS : Ciri-Ciri Kucing Sehat


Sebagai Cat Lovers memiliki kucing yang sehat adalah merupakan dambaan setiap Cat Lovers. Namun banyak diantara Cat Lovers yang kurang mengetahui bagaimana ciri-ciri kucing peliharaannya sehat...
Berikut beberapa hal yang dapat dijadikan pedoman untuk mengenali bagaimana ciri-ciri kucing sehat...
Cekidot :)



  1. Berat Badan Kucing Normal. Kebanyakan Cat Lovers akan mengira kalau kucingnya gendut merupakan kucing yang sehat, tetapi perlu diingat bahwa kalau kucing terlalu gendut itu malah justru akan membuat kucing menjadi malas dan rentan terhadap berbagai penyakit.
  2. Perut Gemuk Sehat. Pada kucing yang sehat akan terlihat perutnya yang gendut, padat dan berisi, tetapi tidak berlebihan sampai obesitas. Tapi perlu diketahui perbedaannya antara gemuk yang sehat dan perut kembung, caranya pegang dan tekan perlahan perut kucing kesayangan Cat Lovers apabila terasa keras berarti perutnya kembung dan tidak sehat
  3. Mata Kucing. Mata yang sehat biasanya cemerlang dan terlihat normal, tidak terhalang kotoran apapun apalagi sampai mengeluarkan lendir dan nanah. Kotoran pada mata kucing normal seperti pada manusia,, untuk membersihkannya cukup dengan handuk basah dan diusapkan perlahan ke bagian yang ada kotorannya.
  4. Telinga Bersih dan Berfungsi Baik. Telinga yang sehat ditandai dengan pendengaran yang baik pula, untuk mengetahuinya panggillah kucing kesayangan Cat Lovers dari berbagai sisi, apabila merespon dengan baik berarti kucing Cast Lovers sehat. Jangan lupa juga rajin-rajin membersihkan kotoran kucing, caranya cukup dengan cottonbuds yang dibasahi dengan air, lakukanlah dengan lembut agar kucing menyukai kegiatan ini.
  5. Bulu Bersih dan Tidak Rontok. Pada kucing yang sehat bulunya akan selalu bersih dan berkilat sebab kucing banyak menghabiskan waktunya untuk menjilati bagian-bagian tubuhnya yang dirasa kotor. Selain itu juga kucing yang sehat mempunyai bulu yang kuat dan tidak mudah rontok, tetapi perlu diketahui bahwa kerontokan pada bulu kucing terjadi pada beberapa fase, seperti pada saat musim kawin dan saat hamil. Sebaiknya rajin-rajinlah menyisir bulu-bulunya agar bulu-bulu yang rontok terangkat dan tidak menimbulkan hairball. 
  6. Mulus Tanpa Luka, Jamur atau Kutu. Periksalah kulit kucing kesayangan Cat Lovers secara berkala, apabila terdapat jamur, kutu maupun luka segera periksa ke dokter hewan atau menanyakan obatnya pada petshop langganan anda.
  7. Gigi Putih Tanpa Flek. Biasanya gigi yang sehat berwarna putih, bersih dan tanpa flek. Periksalah gigi kucing kesayangan Cat Lovers secara berkala, apabila tidak mau membuka mulut dan sampai tidak mau makan, kemungkinan kucing kesayangan Cat Lovers sedang sakit gigi.
  8. Gusi Pink. Buka mulut kucing kesayangan Cat Lovers dan periksalah gusinya, bila berwarna pink cerah berarti gusinya sehat ^o^
  9. Cakar Bersih dan Kuat. Kucing yang sehat cakarnya berlihat bersih dan agak transparan serta kuat. Biasanya kucing sering mengasahnya untuk menjaga kesehatan cakar-cakarnya. Pada kucing yang tidak sehat cakarnya terlihat kusam dan mudah patah.
  10. Anus Bersih dan Tidak Bengkak. Anus bisa menjadi petunjuk untuk keadaan pencernaannya, biasanya kalau sehat maka anus akan bersih dan tidak bengkak (karena pup keras). Juga tidak mengeluarkan cacing.
  11. Pup Normal. Yang dimaksud normal ialah tidak terlalu keras atau terlalu lembek dan berwarna kuning kecoklatan, jika tidak segera bawa kucing kesayangan anda ke dokter.
  12. Hidung Lembab. Hidung yang sehat tidak terlalu basah dan terlalu kering serta tidak ada jamur ditepinya. Kesehatan pada hidung kucing bisa menjadi patokan apakah kucing kesayangan anda menderita penyakit dalam atau tidak.
  13. Mulut Tidak Bau. Jika mulutnya sehat maka tidak akan mengeluarkan bau apa-apa saat mengeong, tapi kalau ada bau busuk atau amis maka ada masalah pada pencernaannya.
  14. Lincah dan Suka Bermain. Apabila kucing kesayangan anda suka diajak bermain dan bermanja-manja   it tanda kucing yang sehat. Tapi jika diajak bermain tidak mau, malas, lesu dan sering tiduran saja itu tanda-tanda kucing kesayangan anda tidak sehat.








0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog