Responsive Banner design
Home » » Parent

Parent



Dari Abdullah bin Mas"ud katanya, "Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu "alaihi wa sallam tentang amal-amal yang paling utama dan dicintai Allah ? Nabi Shallallahu "alaihi wa sallam menjawab, Pertama shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal waktunya), kedua berbakti kepada kedua orang tua, ketiga jihad di jalan Allah".[Hadits Riwayat Bukhari I/134, Muslim No.85, Fathul Baari 2/9>



Ada yang kurang belakangan ini. Terasa ada yang kosong. Meski mencoba untuk berperilaku yang positip dan mendekatkan kepada-Nya, kok nampak masih ada yang kurang terus. Coba direnung, coba dipikirkan, hmm ternyata rasa rindu dan kangen kepada orang tua. Apa daya kedua orang tua memang sudah tiada, bahkan sejak masih remaja. Keberadaan orang tua kandung hanyalah sebatas belasan tahun saja. Sebatas usia sekolah menangah. Bahkan saat itu, saat kedua orang tua yang meninggal hanya selang tiga bulan, belum terasa besarnya kesedihan. Besarnya kepedihan tidak adanya orang tua tempat bersandar. Bentuk berbakti kepada orang tua yang sudah tiada, bisa barangkali dengan cara mendoakannya atau mencoba mengingat dan menjalankan nasihatnya.



Hmm namun dorongan besar pengin bertemu orang tua kian terasa. Bicara orang tua, barangkali tidak semata mereka yang telah melahirkan dan membesarkan kita. Orang tua bisa juga berarti kerabat yang membesarkan dan merawat anda, kerabat yang lebih tua, saudara dari orang tua atau bahkan mertua. Kedua mertua anda meski sudah berusia diatas 60 tahun bisa anda kunjungi. Akhirnya dengan niat ingin bertemu dan sekedar pengin melihat dari dekat bagaimana keadaan mereka anda bisa putuskan ke sana. Biasanya hanya setahun sekali anda berdekatan, menyalami dan melepas kangen.



Tidak jarang jarak dengan mereka tidaklah jauh, hanya 100 atau 200 kilometer saja, terkadang tidak sejauh itu. Namun karena kesibukan dan pulang ke keluarga di kota lain, sehingga jarang kesempatan menjenguk. Hari libur praktis digunakan untuk keluarga, menjenguk dan bersama anak-anak. Masih teringat nasihat bijak seorang senior, bahwasanya waktunya dibagi rata antara orang tua dan keluarga. Minggu pertama pulang ke keluarga yang berjarak 450 kilometer dari tempat kerja. Minggu kedua pulang menjenguk bapaknya yang sudah tua, berjarak 200 kilometer. Pernah sang senior karena suatu urusan tidak jadi pulang ke orang tua, meski giliran minggu genap. Ternyata bapaknya sampai malam hari tidak mau masuk rumah, dan terus menunggu di depan pintu. Sang senior-pun menitikan air matanya saking terharu melihat hal ini. Akhirnya setiap ada kesempatan, selalu disempatkan untuk menjenguknya.



Konon apapun yang kita lakukan sebagai bakti kepada orang tua, tidak akan pernah bisa nutup jasanya terhadap kita. Mulai dari melahirkan, membesarkan, merawat, membiayai, mengarahkan, menasihati, membantu mencari pekerjaan, sampai dengan mengantarkan berkeluarga. Terkadang masih terbebani dititipi cucu, atau tidak jarang bermurah hati memberikan tempat tinggal dan sebagainya.



Minggu pagi itu, meski seminggu sebelumnya kelelahan dari luar kota, anda sempatkan menjeguk mertua. Kebetulan memang tidak sempat lagi pulang menjenguk anak, waktu relative mepet. Anda akan barangkali merasa tersentuh dan terharu melihat mereka yang sudah berumur, tentunya sudah pensiun, dan malah masih rajin ke sawah, katanya kalau di rumah terus badannya malah capek. Nampak berbeda ketika masih aktif, menjadi pegawai, tegap, tegas dan suaranya keras. Sekarang badanya nampak kurus, kulitnya mulai berkeriput, dan suaranya juga makin pelan. Meski secara umum masih sehat dan mampu ke sawah, namun usia tua tidak urung mulai menggerogoti fisiknya.



Anda bisa menebak, saat datang anda bakal disambut hangat, ditanya ada keperluan apa, dibuatkan minum, disediakan penganan, dan disiapkan makan. Manakala anda jelaskan anda hanya pengin menjenguk, alangkah tulus senyumnya dan bertubi pertanyaan kabar tentang keluarga, tentang cucu-cucunya, tentang pekerjaan, tentang jaga kesehatan dan seterusnya. Saat anda duduk, anda akan ditungguin, diajak ngobrol dan ditemani. Dan bahkan saat anda rebahan di lantai-pun melepas penat mereka juga akan ikut rebahan menunggui anda seolah anda anaknya yang masih kecil. Sorenya anda akan dimasakan air, untuk mandi anda. Luar biasa perhatian mereka kepada anda. Semuanya dilakukan dengan sangat tulus dan sepenuh hati.



Itulah orang tua yang telah menjadi media keberadaan anda di dunia ini. Mereka pula yang ikut berperan besar atas keberhasilan anda dan keluarga. Tanpa terasa, bentuk kekosongan yang anda sering rasakan berangsur sirna dan terisi kenyamanan. Harapan mereka tidaklah muluk, hanya ingin dijenguk saat anda masih punya waktu. Tentu mereka tidak akan pernah tahu kapan akan dipanggil oleh-Nya. Konon di usia 60-an tahun ke atas, ibaratnya mereka berada pada periode yang siap dipanggil meninggalkan dunia ini setiap saat. Sehingga sempatkan dan tengoklah mereka tidak hanya saat lebaran, namun saat anda punya waktu. Atau anda secara periodik setahuan dua, tiga atau empat kali menjenguk dan mengunjunginya. Anda tidak akan pernah tahu kapan terakhir anda masih bisa bertemu denganya. Ebiet-pun mempersembahkan lagunya untuk orang tua, Ayah dalam hening sepi kurindu,,,



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog