Responsive Banner design
Home » » FORD EXPLORER

FORD EXPLORER

Sebelum berangkat ngantor iseng-iseng buka majalah Jeep edisi 2002 dan baca halaman utama “Ford Explorer terjual 5 juta unit dalam waktu 7 tahun”. Mobil kebanggaan rakyat Amrik tersebut pertama diluncurkan tahun 1990. Ford explorer termasuk kategori mobil Sport Utility Vehicle (SUV) atau bila diterjemahkan bebas adalah mobil/kendaraan dengan berbagai fungsi dengan model yang sporti. Kendaraan tersebut artinya bisa digunakan di jalan-jalan kota (on road) maupun di jalan-jalan pedesaan (off road). Tentunya off road disini mengandung pengertian bukan offroad ekstrem yang berlumpur dan berbatu karang, namun lebih merupakan jalan yang tidak semuanya diaspal, atau aspalnya banyak yang rusak. Meski dengan modelnya yang berpenggerak empat roda (4x4) rasanya tidak masalah diajak ber-offroad ria di medan yang berat.

Ford explorer rasanya cukup terkenal di negara paman sam sono, dimana kita bisa melihat sebuah film “Peace Maker” yang dibintangi George Clooney, aktor sekaligus milyuner dan artis cantik Nicole Kidman, mantan istri Tom Cruise, aktor Hollywood yang kesohor itu. Dalam film tersebut diceritakan Gorge Clooney dalam salah satu lobby militernya memberikan sebuah Explorer ke pimpinan militer negara lain. Setidaknya penggambaran itu menjelaskan bahwa Explorer merupakan kendaraan SUV yang gagah dan terkenal sampai ke mancanegara.

Di Indonesia sendiri ford merupakan pemain otomotif yang berumur cukup lama. Kita tentunya tidak asing dengan taxi era tahun 1900-an yaitu Ford Laser. Mobil sedan produksi ford ini terkenal handal dan dipakai taxi mengarungi belantara Jabotabek tanpa banyak rewel. Banyak sopir taxi terkesan dengan kehandalan sedan ford ini serta kemudahan suku cadang yang juga relatif ekonomis. Menyusul ford sedan (ada beberap model sedan), Ford juga mengeluarkan beberapa model SUV semacam ford Escape dan Ranger. Hanya nampaknya Explorer memang belum dimasukkan ke Indonesia oleh ATPM-nya dan lebih dipilih SUV bermesin tidak terlampau besar. Kalaupun kita bias menemukan Explorer di sini, bisa jadi merupakan mobil CBU yang diimpor oleh Importir Umum.

Explorer sendiri dibuat dengan pilihan mesin 4000 cc dan 4600 cc dengan daya kuda sekitar 200 hp dan 230 hp. Tentunya daya kuda sebesar itu bisa menggerakan mobil gagah tadi mencapai kecepatan diatas 150 km/jam, tergantung jalanan yang dilalui dan keberanian mengendarainya. Kembali pada keberhasilan Explorer terjual sampai 5 juta unit dalam waktu 7 tahun tentunya merupakan prestasi tersendiri yang tidak semua model bisa mencapainya. Meski kita bisa saja melihat Corolla (mobil Jepang) yang konon penjualan globalnya mendekati angka 25 juta unit, namun model ini dibuat mulai tahun 1970-an. VW kodok (German) yang juga berhasil mendekati penjualan di atas 20 juta unit, juga lagi-lagi merupakan penjualan dalam rentang waktu yang cukup lama.
Explorer, sebuah SUV yang gagah dan salah satu produk kebanggaan rakyat Amrik, nampaknya akan menjadi salah satu ikon dan legenda permobilan negeri Mr. Bush.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog